Mengecewakan, Kura-kura Langka Ini Mirip Lelehan Keju

Suara. com – Petugas Dinas Kehutanan India menemukan kura-kura langka yang terlihat menggemaskan karena warna tubuhnya. Alih-alih berwarna hijau, kura-kura flapshell India itu lahir dengan tubuh berwarna kuning, membuatnya terlihat seperti keju yang meleleh.

Kura-kura albino ini diselamatkan sejak sebuah kolam desa di Bengal Barat, India. Salah satu petugas, Debashish Sharma, mengunggah penampakan bulus tersebut yang memiliki nama latin Lissemys punctatais, melalui akun Twitter @deva_iitkgp pada 27 Oktober.

“Hari ini seekor kura-kura kuning diselamatkan dari suatu kolam di Burdwan, Bengal Barat. Ini adalah salah satu macam Flapshell Turtle yang jarang muncul, ” cuit Debashish Sharma, sesuai dikutip CNET, Rabu (4/11/2020).

Kura-kura flapshell India umumnya ditemukan di negara-negara Asia Selatan seperti Pakistan, Sri Lanka, India, Nepal, Bangladesh, dan Myanmar.

Baca Juga: Bikin Ngeri, YouTuber Hari Jisun Makan ‘Tangan Kura-Kura’ Menyerempakkan Sang Mama

Bulus unik, flapshell ditemukan di India. [Twitter/@deva_iitkgp]

Menurut Sneha Dharwadkar, pakar biologi satwa liar, warna kuning langka pada kura-kura tersebut barangkali disebabkan oleh kurangnya pigmen yang disebut tirosin dalam jumlah agung pada reptil. Mutasi genetik ataupun kemungkinan kelainan bawaan kemungkinan gembung menjadi penyebab atas kurangnya tirosin.

Bulus flapshell India biasanya hanya memiliki panjang 22 cm hingga 35 cm dan suka memakan katak, siput, dan tumbuhan air.

Temuan itu menandai kedua kalinya penemuan suku kura-kura kuning yang langka. Sebelumnya, ditemukan di Odisha, India, pada Juli. Beberapa pengguna Twitter dengan melihat unggahan Debashish Sharma mengumpamakan makhluk itu dengan lelehan keju, pai bulan, hingga kuning telur karena warnanya.