Mendapati Rekor Bersejarah! 20 Tahun Bani adam Berada di Luar Angkasa

Suara. com – Manusia telah lama melangsungkan perjalanan ke luar angkasa. Pada 2 November kemarin, menandai dua dekade kehadiran manusia secara selalu di Stasiun Luar Angkasa (ISS) di orbit rendah Bumi.

20 tarikh terakhir merupakan pencapaian luar pokok, dalam hal upaya manusia serta penelitian ilmiah. Tercatat ada 244 orang dari 19 negara berbeda yang pergi ke ISS, beberapa antara lain telah berkunjung beberapa kali.

Sejauh itu, telah dilakukan lebih dari 3. 000 penyelidikan ilmiah di ISS oleh para ilmuwan dari 108 negara dan ada sekitar 250 percobaan yang sedang berlangsung.

Dilansir lantaran IFL Science , Selasa (3/11/2020), ISS merupakan upaya kolaboratif dari 15 negara & membutuhkan 42 penerbangan luar angkasa perakitan untuk membangunnya di jalur Bumi, di mana 37 pada antaranya menggunakan program Space Shuttle yang sekarang telah pensiun.

Baca Juga: Eropa Ikut Andil Pembangunan Tumpuan Luar Angkasa di Bulan

Stasiun luar angkasa itu memiliki lama rangka 109 meter dengan pengikut 419. 725 kilogram dan terletak di ketinggian sekitar 410 kilometer dari permukaan. ISS bergerak dengan kecepatan 7, 66 kilometer bohlam detik mengelilingi Bumi dan tindakan ini menciptakan gayaberat mikro.

ISS kendati tampaknya mulai menunjukkan umurnya. Kira-kira waktu lalu, sistem pasokan oksigen Rusia mengalami masalah dan NASA perlahan-lahan harus mengganti semua baterai.

Tetapi, NASA dan mitranya dari Rusia, Roscosmos, merencanakan penerbangan lebih lama. Misi terakhir dilakukan oleh Scott Kelly dan Mikhail Kornienko dalam luar angkasa selama 340 hari, dari Maret 2015 hingga Maret 2016. Sementara misi terlama dilakukan oleh Christina Koch selama 328 hari karena adanya perpanjangan urusan.

Di sisi lain, muncul diskusi tentang wisatawan luar angkasa yang mengunjungi ISS. Sehingga ada kemungkinan bagian ISS akan dijadikan sebagai salah satu destinasi antariksa.

Saat ini, NASA tengah berusaha untuk membuat stasiun asing angkasa lainnya yang akan mengorbit Bulan bernama Gateway.

Baca Juga: Mendapati! Ini Tanggal NASA – SpaceX Luncurkan Misi Rotasi Awak Perdana di ISS