Kenangan Penemuan dan Ciri-ciri Pithecanthropus Erectus

Bonus harian di Keluaran SGP 2020 – 2021.

Suara. com awut-awutan Bagi para pecinta sejarah dan kebudayaan Indonesia,   istilah  Pithecanthropus  erectus   tentu bukanlah topik yang baru lagi.

Pithecanthropus erectus   adalah fosil manusia purba yang pertama kali ditemukan pada Indonesia. Tidak hanya itu,   Pithecanthropus erectus   juga  menjadi salah satu macam manusia purba yang paling penuh ditemukan di Indonesia.  

Pithecanthropus erectus   memiliki nama asing, yakni manusia Jawa  (Java Man)  ataupun sering disebut  homo erectus .   Adapun  Pithecanthropus erectus  berasal lantaran Bahasa Yunani yaitu  fithkos  yang artinya kera,   anthropus  dengan artinya manusia, dan  erectus  dengan artinya tegak. Dengan ini,   pithecanthropus erectus  memiliki arti manusia kera yang berjalan tegak.

Fosil jenis  Pithecanthropus erectus   sendiri telah ditemukan pada 1890 silam. Dalam artikel kali tersebut, Suara. com akan merangkum sejarah penemuan  Pithecanthropus  erectus  dan ciri-ciri manusia purba yang satu ini.  

Baca Juga: Mengenal Pola Pergerakan Nasional Termasuk Budi Utomo

Penasaran dengan ulasan selengkapnya? Menyimak sejarah penemuan Pithecanthropus erectus beserta ciri-ciri dan peninggalannya berikut ini.  

Penemuan Pithecanthropus erectus

Fosil macam Pithecanthropus erectus merupakan fosil manusia purba pertama yang ditemukan di Indonesia. Fosil tersebut ditemukan di dalam 1890 oleh Eugene Dubois dalam lembah Sungai Bengawan Solo kawasan Trinil, Jawa Timur.

Eugene Dubois sendiri adalah seorang petugas tenaga medis di masa pemerintahan Hindia Belanda. Dalam Desa Trinil, Dubois pada masa itu tercatat telah menemukan fosil gigi (diberi label Tr-1), suatu fosil tempurung kepala (diberi etiket Tr-2) pada 1891, dan fosil tulang paha (diberi label Tr-3) pada 1892.

Ciri-ciri Pithecanthropus erectus

Baca Pula: Sejarah Pramuka Indonesia

Sama seperti fosil manusia purba pada umumnya,   Pithecanthropus erectus  memiliki ciri tersendiri. Adapun ciri-ciri  Pithecanthropus erectus  adalah: