Jarang, Gurita Berlengan 9 Ditemukan pada Jepang

Promo menarik pada undian Data SGP 2020 – 2021.

Suara. com – Seekor gurita berlengan sembilan terperangkap di Teluk Shizugawa, timur laut Kota Minamisanriku, Jepang, dan hampir menjadi menu santap malam. Sesudah ditelaah, inilah gurita berlengan sembilan yang langka. Apalagi lokasinya menyempil di tentakel ketiga.

Kazuya Sato menjumpai satwa ini pada 13 November, ia memasang perangkap dan membawa pulang gurita langka tersebut berhubungan tiga ekor gurita lainnya. Zaman ibunya yang berusia 65 tahun merebusnya di dalam panci, ia baru memperhatikan lengan kesembilan si gurita.

Sekalipun gurita itu telah mati sebab dimasak, tetapi tubuhnya masih utuh. Sato kemudian membawanya ke Pusat Alam Shizugawa, di mana gurita itu diawetkan dalam alkohol serta akan segera dipamerkan.

Lengan ekstra dengan terbentuk menjadi cabang di lengan utama ini merupakan kasus dengan jarang terjadi pada gurita. Taat Michael Vecchione, ahli zoologi invertebrata di Museum Nasional Sejarah Kawasan Smithsonian, gurita mampu meregenerasi lengannya tetapi terkadang regenerasi tidak bergerak dengan baik.

Mengucapkan Juga: Suka Motoran Berdua, Ridwan Kamil dan Atalia Praratya Bagikan Hadiah

Gurita langka dengan sembilan tentakel, salah satunya menyempil di tentakel nomor tiga [Kyodo News via Getty Images].

“Jika lengan hancur, mungkin salah beregenerasi dan bisa berakhir dengan jaringan ekstra dengan tumbuh keluar, di mana jaringan ekstra itu bisa berubah menjadi lengan, ” kata Vecchione, seperti dikutip Live Science pada Jumat (11/12/2020).

Teluk Shizugawa tempat ditemukannya gurita tersebut berlokasi sekitar 200 km pada utara Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima Daiichi yang sekarang telah dinonaktifkan, akibat krisis nuklir secara bencana gempa Bumi berkekuatan tujuh, 9 dan tsunami pada 2011.

Namun Vecchione mengatakan tidak mungkin lengan kesembilan gurita itu disebabkan keracunan radiasi. Ia menambahkan bahwa laporan lengan gurita bercabang telah dikatalogkan di seluruh dunia selama bertahun-tahun.

Memiliki satu lengan yang bercabang mungkin tidak memengaruhi gurita karena kecil serta hanya menggantung di lengan, makin mungkin berfungsi dan memiliki keterampilan untuk bergerak dan merasakan.

Meski sejenis, Vecchione mengatakan gurita dengan bertambah banyak lengan mungkin menghadapi lebih banyak tantangan, seperti memengaruhi kepandaian hewan untuk berburu atau berenang.

Baca Juga: Misterius! Ribuan Gurita, Kartika Laut, dan Makhluk Laut Asing Mati di Rusia